Guest Book

Jumat, 17 September 2010

Franco un-American


Saya akan membahas salah satu lirik NOFX yang paling terkenal di Indonesia, Franco un-American. Aku inget dulu 2007, sebelum mereka manggung gratis di PRJ, lagu ini lagi Booming. Wohoooo.. Poseur..

Franco un-American

I never thought about the universe, it made me feel small

Never thought about the problems of this planet at all

Global warming, radio-active sites

Imperialistic wrongs and animal rights! No!


Why think of all the bad things when life is so good?

Why help with an 'am' when there's always a 'could'?

Let the whales worry about the poisons in the sea

Outside of California, it's foreign policy


I don't want changes, I have no reactions

Your dilemmas are my distractions


That's no way to go, Franco Un-American

No way to go, Franco Un-American

No way to go, Franco Un-American

No way to go, Franco, Franco Un-American


I never looked around, never second-guessed

Then I read some Howard Zinn now I'm always depressed

And now I can't sleep from years of apathy

All because I read a little Noam Chomsky


I'm eating vegetation, 'cause of fast food nation

I'm wearing uncomfortable shoes 'cause of globalization

I'm watching Michael Moore expose the awful truth

I'm listening to Public Enemy and Reagan Youth


I see no world peace 'cause of zealous armed forces

I eat no breath-mints 'cause their from de-hoofed horses

Now I can't believe; what an absolute failure

The president's laughing 'cause we voted for Nader


That's no way to go, Franco Un-American

No way to go, Franco Un-American

No way to go, Franco Un-American

Where can we go, Franco Un-American


I want to move north and be a Canadian

Or hang down low with the nice Australians

I don't want to be another 'I-don't-care-ican'

What are we gonna do Franco, Franco Un-American

Chord dapat di lihat disini

KLIK

Saya coba mengartikan lirik lagu ini.

Lagu ini muncul di album war of errorism(plesetan dr war of terrorism) ketika dunia sedang hangat2nya mengecam amerika atas invasi timur tengahnya..

Intinya Fat Mike(Vokalis dan penulis lagu) berusaha meng ekspos permasalahan2 yang ada di Amerika. Juga bagaimana mereka( Masyarakat dan bahkan pemerintah) seakan tidak peduli akan masalah tersebut.

Masalah apa sih? Global warming..kurasa ga perlu aku jelasin, pasti anda lebih tau daripada saya:D

Radiaoactive sites..diketahui bahwa pada tahun 92 aja ada 45,000 daerah di America terkonaminasi oleh zat2 radioaktif.

Imperialistic wrongs..cukup jelas.invasi amerika dan sekutu ke Irak dan Afganistan. Berkedok mencari dan menghancurkan terorisme 9/11, sebenernya yang terjadi adalah pencurian minyak secara besar-besaran.

Animal Rights..ada sebuah undang2 tentang animal rights di Amerika, yang melindungi hewan tentu saja..tap tahukah anda berapa sapi yang dipotong oleh Mcd? Berapa ayam yang dijadikan Pahe(paket Hemat) KFC..hmm

Bait ke 2 lagu menunjukkan ketidak pedulian Americans(warga amerika) tentang masalah2 itu..(why think of all the bad hings when life is so good)

Lets the whales worry about poisons in the sea..nah emangnya paus bisa nglakuin apa? Kasus terakhir tu pas ada muatan kapal tumpah baru2 ini di perairan amerika sana.. masak suruh ikan paus yang ngurusin..

Outside california is a foreign country(NOFX dari california)..bagaimana masyarakat California menganggap wilayah diluar California itu seperti Negara laen..haduuh

I don’t want changes, I have no reactions

Your dilemmas are my distractions..kurasa sudah jelas:D

Berlanjut ke masalah politik..Fat Mike(vokalis) adalah seorang Demokrat( salah satu parai politik di amerika) dan pembenci Bush(liberal)..hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya Punk Voter..buat lebih jelasnya apa itu punk voter lihat disini..KLIK

Diketahui bahwa howard zinn, noah Chomsky, Michael Moore adalah aktivis liberal.. hal ini jelas menunjukkan sakrkasme kebencian Fat Mike sama Liberal..hmm menarik

Yang paling aku suka di sini adalah : the president’s laughing cause we voted for nader..haha..nader adalah kandidat presiden US 4 kali, selalu kalah..berarti juga menertawakan kegalalan punk voter..

Sebenernya ada sedikit perubahan lirik pas mereka maen live..


“We all know George bush is an imbecile, he love’s dick but he hate homosexsuals

Were sick and tired, of embarrasement, the whole world want us to get a better president”


Tapi semenjak Obama (democrat) terpilih sebagai presiden, lirik diatas tag pernah muncul lagi..well Fat Mike emang pendukung demokrat

Yup.. ternyata di Negara sebesar Amerika juga punya masalah yang kompleks.. masyarakat tidak peduli tampaknya tidak hanya terjadi di Indonesia kan?:D

mau dengerin lagunya?KLIK

4 komentar:

  1. bro link mu udah saya pasang harap pasang balik yang link saya www.zfilepiece.blogspot.com

    BalasHapus
  2. gw baru tau sejarahnya,, gw suka aja liat video klip lagu ni, kereen

    BalasHapus
  3. Hey maaf lama mengkonfirm Anda...hehe..link Anda sudah terpasang :)

    BalasHapus
  4. wiss..bikin blog nih bro??..btw angry nerd rock juga bikin tuh. kalo ga salah ketindihansetan.blogspot.com ama apalagi dah..lupa juga gw. salut n suxes dah untuk ngeblognya..piss brow

    BalasHapus